Jumat, 19 Oktober 2012

PAKEMATIK



RESUME PAKEMATIK
(Strategi pembelajaran Inovatif Berbasis TIK)
Karya : Winastwan Gora, ST, MT dan Sunarto, S. Pd, M. Pd.
           
Terdapat berbagai pengertian mengenai hakikat belajar salah satunya adalah pengertian hakikat belajar menurut Gallowy dalam Teoti Soekamto (1992 : 27) yaitu hakikat belajar adalah suatu proses internal yang mencakup ingatan, refensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Selain itu Morgan juga memiliki ciri-ciri mengenai suatu kegiatan dikatakan belajar yakni belajar adalah perubahan tingkah laku ; perubahan terjadi karena latihan dan pengalaman bukan karena pertumbuhan ; perubahan tersebut harus bersifat permanen dan tetap ada untuk waktu yang cukup lama.
            Kegiatan pembelajaran adalah aktivitas guru untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan proses belajar siswa berlangsung optimal.
            Pakematik merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat ditetapkan untuk mendorong terciptanya pembelajaran yang berkualitas. Pakematik merupakan singkatan dari pembelajaran aktif, efektif dan menyenangkan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pakematik merupakan pengembangan strategi pembelajaran PAKEM. Perbedaan dari keduanya adalah pada pemanfaatan atau integrasi TIK dalam proses pembelajaran untuk mendukung pembelajaran aktif dengan tujuan utama meningkatkan kualitas pembelajaran.
            Pada dasarnya peran TIK dan PAKEM berfungsi sebagai media pembelajaran sebagaimana alat peraga. Jadi, fungsi TIK adalah untuk membantu proses pembelajaran agar menjadi lebih efektif dan lebih bermakna. Komputer merupakan perangkat yang baik bagi siswa untuk dapat berekspresi secara individual dan kelompok, serta dapat digunakan untuk bereksplorasi serta meningkatkan minat belajar para siswa. Jika teknologi digunakan secara efektif sebagai perangkat untuk berkreasi, maka siswa akan memiliki keleluasan lebih, menjadi kolaboratif, dan reflektif dibanding dengan didalam kelas tanpa teknologi. Integrasi teknologi informasi dalam ruang kelas, mampu memberikan pengalaman baru kepada para siswa untuk dapat mengenalkan penggunaan teknologi untuk membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dikehidupan sebenarnya. Selain itu juga membuat siswa senang dan lebih rileks dalam belajar. Hal ini tentu saja akan membuat siswa mudah dalam menyerap pembelajaran yang disampaikan.
            Untuk membangun kecakapan atau keterampilan siswa di abad 21, para siswa perlu menguasai beberapa keterampilan berupa kreativitas dan inovasi, komunikasi dan kolaborasi, kemampuan meneliti dan melek informasi, berpikir kritis, pemecahan masalah dan membuat keputusan, kewarganegaraan digital serta konsep dan pengoperasian teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar